Umum

Bekerja sama dengan International Test Center (ITC)

Senin, 19 Maret 2018

Pusat Bahasa (Language Center) Universitas Hamzanwadi Bekerja Sama dengan International Test Center (ITC) Mengadakan Program Penyelenggaraan TOEIC bagi Mahasiswa Universitas Hamzanwadi.

Di era globalisasi saat ini, dunia kerja sudah membuka pintu bagi semua bangsa di seluruh penjuru dunia. Dengan beragam bahasa dan budaya yang melatari komunikasi dalam perdagangan dan dunia usaha, Bahasa Inggris mutlak diperlukan sebagai sarana komunikasi. Dunia kerja memerlukan lulusan S1 yang menguasai keterampilan tidak hanya keterampilan dalam bidang usaha tersebut, tetapi juga keterampilan berbahasa untuk berkomunikasi sebagai jembatan peluang terbesar di dunia.

Pusat Bahasa Universitas Hamzanwadi, dengan visi dan misi adalah pada tahun 2025 menjadi pusat layanan jasa kebahasaan yang berwawasan kependidikan dan kewirausahaan dengan menyelenggarakan Test of English for International Communication atau TOEIC. TOEIC merupakan tes Bahasa Inggris berstandar internasional yang digunakan untuk mengukur kemampuan komunikasi sehari-hari di dunia global. TOEIC lebih merujuk pada ujian yang mengukur tes kemahiran berbahasa Inggris pada konteks lingkungan kerja global. Oleh karena itu, TOEIC sangat cocok untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa. Saat ini banyak universitas yang mensyaratkan TOEIC untuk mahasiswa yang hendak melanjutkan studi S2 di Dalam atau diluar Negeri. Sehingga TOEIC berperan ganda, yaitu di samping untuk komunikasi di lingkungan kerja global sekaligus di lingkungan akademisi.

Pusat Bahasa Universitas Hamzanwadi menerapkan standard internasional bagi para mahasiswa Universitas Hamzanwadi dengan TOEIC sebagai alat pengukuran kemampuan berbahasa Inggris berstandar Internasional. Keinginan tersebut diwujudkan dengan Pelatihan terhadap mahasiswa dan menjalin kerjasama dengan International Test Center (ITC), pada hari Senin (19/3) di Ruang Auditorium Lantai 3, yang diinisiasi oleh Pusat Bahasa Universitas Hamzanwadi. Bentuk kerjasama direalisasi melalui penyelenggaraan tes TOEIC khususnya bagi mahasiswa Universitas Hamzanwadi pada umumnya. Penandatanganan nota kesepakatan atau MOU telah dilakukan oleh Dr.H.Khirjan Nahdi, M.Hum selaku (Wakil Rektor 1) Universitas Hamzanwadi dengan Harry Pratama (Manager Education Development Division) International Test Center. Wakil Rektor 1, Dr.Khirjan Nahdi, M.Hum, mengungkapkan pentingnya penguasaan Bahasa Inggris bagi para mahasiswa, “Bahasa merupakan alat komunikasi yang harus dikuasai oleh mahasiswa Universitas Hamzanwadi, apalagi di era pasar bebas seperti saat ini. Dengan kerjasama ini, mahasiswa Universitas Hamzanwadi akan lebih ditingkatkan penguasaan bahasa Inggris, sehingga lulusan mahasiswa tersebut benar-benar siap dalam era pasar global

Dengan mengikuti TOEIC, kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa akan bisa terukur dengan tepat, sehingga mahasiswa mengetahui tingkat kemampuan berbahasa Inggris nya. Dengan demikian, mahasiswa akan bisa lebih mempersiapkan diri untuk berinteraksi dalam dunia kerjanya kelak karena tes  ini sangat memungkinkan mahasiswa dan lulusan Universitas Hamzanwadi mampu secara aktif dan pasif berkomunikasi dengan yang lain dari segala penjuru dunia. Dengan adanya TOEIC sebagai alat ukur/test berstandar international, mahasiswa dan para lulusan akan mempunyai nilai tambah dalam berkarya di dunia kerja global yang semakin kompetitif.